Home » , » 7 Planet Yang Di Duga Tempat Bermukim Alien

7 Planet Yang Di Duga Tempat Bermukim Alien


Bertahun-tahun para peneliti dan ilmuwan antariksa meneliti planet-planet di luar Bumi dan sistem Tata Surya, mencari kemungkinan kehidupan di luar angkasa. Nah, berikut 7 planet terluar yang diduga dihuni alien.

7 Planet ini masuk dalam Habitable Exoplanets Catalog yang dikeluarkan oleh Planetary Habitability Laboratory University of Puerto Rico at Arecibo pada Kamis (6/12/2012) lalu. Semua foto planet ini adalah visualisasi seniman berdasar deskripsi dari ilmuwan. Berikut 7 planet terluar yang di duga tempat bermukim Alien :

1) Gliese 581g

Penemuan planet ini kontroversoal. Ditemukan tahun 2010, namun beberapa kondisi planet ini masih dalam tahap konfirmasi. Namun University of Puerto Rico di Arecibo menyebutkan planet ini adalah kandidat puncak untuk tempat kehidupan alien.

Jika terkonfirmasi, planet berbatu ini berjarak 20 tahun cahaya dari Matahari, dan berukuran 2-3 kali lebih besar dari Bumi. Planet ini mengorbit bintang Gliese 581 setiap 30 hari dalam konstelasi rasi bintang Libra.


2) Gliese 667Cc

Gliesse 667Cc ini dijuluki juga 'super-Earth'. Posisinya dekat dengan Bumi, sekitar 22 tahun cahaya dalam konstelasi bintang Scorpius. Planet ini berukuran 4,5 kali Bumi dan butuh 28 hari buat orbit pada bintang induknya, GJ 667C. GJ 667C adalah bagian dari sistem bintang triple. Besarnya GJ 667C adalah sepertiga ukuran Matahari.

3) Kepler-22b

Kepler-22 b merupakan planet yang lebih besar dari Bumi sekitar 2,4 kali. Planet ini berotasi mengelilingi bintang yang berukuran dan bersuhu sama dengan Matahari. Planet ini diperkirakan bersuhu 22 derajat Celcius. Jaraknya 600 tahun cahaya dari Matahari, dalam konstelasi Cygnus.

4) HD 40307g

Planet HD 40307g ini berjarak 42 tahun cahaya dari Bumi dalam konstelasi bintang Pictor, dan mengorbit pada bintang induknya yang berjarak 90 juta km. Sebagai informasi, jarak Matahari-Bumi adalah 150 juta km. Jarak planet ini cukup dekat Bumi sehingga teleskop masa depan diharapkan bisa meneropong permukaannya.

5) HD 85512b

Penemuan planet ini diumumkan pada 2011, sebagai bagian dari 50 penemuan High Accuracy Radial velocity Planet Searcher instrument (HARPS) di Chili. Planet ini besarnya 3,6 kali lebih besar dari Bumi. Jaraknya 35 tahun cahaya dari Matahari dan terletak di konstelasi bintang Vela.

Planet ini mengorbit pada bintang induknya HD 85512. Para peneliti berharap suatu hari bisa mendeskripsikan air di permukaan planet ini.

6) Gliese 163c


Planet ini berukuran 7 kali lebih besar dari Bumi, berjarak 50 tahun cahaya dari Bumi. Gliese 163 c mengorbit pada bintang induk yang redup setiap 26 hari dalam konstelasi bintang Dorado.

7) Gliese 581d


Dalam penelitian, planet ini diduga memiliki atmosfer karbondioksida yang tebal. Ukurannya 7 kali  Bumi, mengorbit pada bintang merah yang kerdil. Planet ini adalah <i>sister planet</i> dari planet Gliese 581g. Jaraknya 20 tahun cahaya dari Matahari, dan bisa dibilang planet ini adalah halaman belakang Bumi.

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Flag Counter
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Gudang Ilmu - All Rights Reserved




Template Created by Creating Website Edited by Fajar Fuzhu
Proudly powered by Blogger