Home » » Teknologi Internet Nirkabel Wajan Bolic

Teknologi Internet Nirkabel Wajan Bolic

Written By Fajar Rahmana on Tuesday, April 30, 2013 | Tuesday, April 30, 2013


Pada prinsipnya signal Wi-Fi arah rambatnya lurus seperti sinar laser. Jadi, pemasangannya harus mengarah Wireless Access Point (WAP). Perbandingan antara wajan bolic dengan Wi-Fi biasa sangat jauh. Misalnya, dengan USB Wi-Fi biasa hanya dapat menangkap signal Wi-Fi pada jarak 100 meter di ruang terbuka dan 10 meter di ruang bersekat. Tetapi dengan wajan bolic, signal Wi-Fi yang ditangkap lebih jauh yaitu pada jarak 100-500 meter di ruang terbuka, dan 100-150 meter di ruang tertutup.

Prinsip kerja antena Wajanbolic seperti antena parabola lainnya, yaitu menempatkan bagian sensitif antena pada titik fokus parabola (wajan) sehingga semua gelombang elektromagnet yang mengenai wajan akan terkumpul dan diterima oleh bagian sensitif tersebut. Berikut ini kita bahas satu persatu
Antena Wajan Bolic

Kenapa disebut Wajan Bolic? Wajan : penggorengan, alat dapur buat masak. Bolic : parabolic. WajanBolic : Antena parabolic yg dibuat dari wajanKarena berasal dari wajan maka kesempurnaannya tidak sebanding dg antennaparabolic yg sesungguhnya. Beberapa kekurangan antena Wajan Bolic : Karena berupa solid dish maka pengaruh angin cukup besar sehingga memerlukan mounting ke tower yang cukup kuat.

Wajan Bolic adalah wajan yang digunakan untuk memperkuat sinyal radio (salah satunya sinyal WiFi 2,4 GHz). Ide penggunaan wajan untuk memperkuat sinyal WiFi ini diklaim ditemukan oleh pak e-Goen (perlu diketahui jauh hari sebelumnya sudah banyak ide berseliweran di internet tentang penggunaan alat masak untuk memperkuat sinyal WiFi, salah satunya dikenal sebagai Poor Man’s Wifi).

Untuk keperluan outdoor diperlukan USB Active Extension Cable beberapa segmen sehingga untuk panjang kabel tertentu harga kabel menjadi lebih mahal dari Wifi USB.Beberapa kelebihan antena Wajan Bolic :
  • Tidak perlu pekerjaan penyolderan kabel dan konektor
  • Tidak ada pekerjaan modifikasi pada system RF sehingga tidak perlu khawatir dengan masalah SWR
  • Tidak perlu bongkar casing PC dalam instalasinya seperti jika menggunakan Wifi PCI Adapter
  • Tidak perlu power Supply external, karena power supply Wifi diambil dari port USB PC Desktop atau notebook sehingga memudahkan pada saat outdoor live test menggunakan notebook
Operasional koneksi ke AP mudah. Kemudahan yang didapat :
  • Tidak memerlukan N-type connector dan pigtail sehingga menghemat biaya
  • Tidak memerlukan pekerjaan penyolderan
  • Tidak ada Loss / redaman sinyal RF
  • Tidak ada urusan lagi dengan SWR
Nama benda ini wajanbolic, berasal dari kata wajan parabolic, dimana wajan disini berfungsi sebagaiparabolic dish yang berguna untuk memusatkan gelombang radio yang diterima ke satu titik, sehingga sinyal yang diterima menjadi jauh lebih kuat.

Komponen utama dari wajanbolic/pancibolic adalah receiver/transmitter (dalam kasus ini umumnya digunakan USB WiFi dongle), wajan (bisa juga tutup panci), kabel USB yang sudah dimodifikasi, sisanya kaleng/paralon.

Bahan : USB Wi-fi, Wajan, Pipa 3 dim, Dop 3 dim 2 pasang, Alumunium Foil, Mur dan Baut, Double tape, Lakban, kabel UTP 15 m, Kabel USB. Antenna Wireless Wajan Bolic ini hanya berjalan di frekwensi 2.4 Ghz. Fungsi dari Antenna Wireless Wajan Bolic ini adalah sebagai peralatan komunikasi Internet
di sisi Client (CPE = Customer Premises Equipment) yg murah meriah.

Dalam penggunannya Antenna Wireless Wajan Bolic ini harus di arah kan ke Access Point (AP).
Biasanya yg memiliki peralatan Access Point (AP) adalah penyelengara jasa koneksi internet seperti:
WISP (Wireless Internet Service Provider) atau RTRWNet (Wireless Internet di lingkungan RT/RW sekitar tempat tinggal anda) ata HOTSPOT di Kampus, Mall, Sekolah, Bandara dll.

Ingat sebelum anda membeli perangkat Antenna Wireless Wajan Bolic ini, pastikan di tempat anda harus sudah ada penyelengara jasa koneksi internet (WISP/RTRWnet/HOTSPOT). Dan dengan Antenna Wireless Wajan Bolic ini “tidak menjamin anda dapat menikmati koneksi internet secara gratis!”. Jadi anda harus mengeluarkan biaya extra untuk dapat ber Internet dengan Antenna Wireless Wajan Bolic ini. Biaya Internet sangat berfariasi tergantung dari penyelengara jasa koneksi internet seperti tersebut di atas. Kisaran biaya internet adalah antara Rp. 150.000,- s/d Rp. 350.000,- per bulan.

Share this article :

1 komentar:

 
Flag Counter
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Gudang Ilmu - All Rights Reserved




Template Created by Creating Website Edited by Fajar Fuzhu
Proudly powered by Blogger