Home » » Cara Koreksi Kesalahan dalam Jurnal Akuntansi

Cara Koreksi Kesalahan dalam Jurnal Akuntansi


Koreksi akuntansi. Dalam pencatatan akuntansi terkadang kita melakukan kesalahan dalam melakukan jurnal dan pemosan (posting) transaksi. Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai bagaimana kesalahan tersebut dapat ditemukan dan dikoreksi. Namun dalam kasus tertentu, terdapat kesalahan yang tidak begitu penting sehingga tidak mempengaruhi keputusan manajemen atau pengguna laporan keungan lainnya.

Dalam kasus seperti ini, konsep materialitas (materiality concept) menyatakan bahwa kesalahan dapat ditangani dengan cara yang paling mudah. Misalnya, kesalahan beberapa ribu rupiah saja dalam pencatatan aktiva yang dinyatakan sebagai beban pada perusahaan yang memiliki aktiva jutaan rupiah akan dianggap sebagai kesalahan yang tidak material dan tidak dibutuhkan koreksi.

Koreksi Kesalahan Akuntansi

Prosedur yang digunakan untuk mengoreksi kesalahan dalam jurnal atau pemosan sangat bergantung pada sifat dan waktu ditemukannya kesalahan. Prosedur tersebut bisa dilihat di bawah ini:

KesalahanProsedur Koreksi
1Ayat jurnal tidak benar tetapi tidak diposkan.Coret kesalahan tersebut dan cantumkan judul atau jumlah yang benar
2Ayat jurnal sudah benar tetapi diposkan secara keliru.Coret kesalahan tersebut dan lakukan pemosan yang benar.
3Ayat jurnal tidak benar dan sudah diposkanBuatlah jurnal dan pemosan untuk mengoreksi kesalahan tersebut.

Dua jenis kesalahan dalam daftar di atas dapat diperbaiki hanya dengan mencoret jumlah yang salah dan memasukkan angka yang benar atau nama akun yang benar. Orang yang melakukan kesalahan biasanya memberi paraf pada coretan tersebut untuk mengantisipasi jika kelak ada pertanyaan sehubungan dengan itu.

Mengoreksi kesalahan ketiga dalam daftar di atas lebih rumit. Sebagai contoh, misalkan pada tanggal 5 Mei pembelian peralatan kantor sebesar Rp 12.500.000,- secara kredit salah dibukukan sebagai debit ke akun Perlengkapan dan dibukukan sebagai kredit ke akun Utang usaha.

PerlengkapanUtang usaha
Salah : 12.500.000 12.500.000

Sebelum membuat ayat jurnal koreksi, akan lebih baik jika terlebih dahulu ditentukan debit dan kredit ke akun yang seharusnya seperti terlihat pada akun T dibawah ini.

Peralatan kantorUtang usaha
Benar : 12.500.000 12.500.000

Dengan memmandingkan kedua set akun tersebut akan terlihat bahwa kesalahan pendebitan sebesar Rp 12.500.000,- ke dalam akun Perlengkapan dapat dikoreksi dengan mendebit akun Peralatan kantor sebesar Rp 12.500.000,- dan mengkredit Perlengkapan sebesar jumlah yang sama. Ayat jurnal koreksi ini kemudian dijurnal dan diposkan sebagai berikut :

KeteranganDrCr
31MeiPeralatan kantor                  12.500.000                                        -
Perlengkapan                                      -                  12.500.000
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Flag Counter
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Gudang Ilmu - All Rights Reserved




Template Created by Creating Website Edited by Fajar Fuzhu
Proudly powered by Blogger