Home » » Pengertian Biaya Peluang Opportunity Cost

Pengertian Biaya Peluang Opportunity Cost


Opportiniy cost (biaya peluang) didefinisikan sebagai suatu kesempatan mendapatkan keuntungan yang hilang karena keputusan mengambil suatu pilihan. Keputusan menginvestasikan dana perusahaan pada pembelian mesin baru seharga Rp 1 Miliar akan menghilangkan kesempatan perusahaan memperoleh pendapatan bunga yang diperoleh seandainya uang tersebut didepositokan ke rekening bank.

Opportiny cost layaknya digunakan dalam memilih alternatif investasi di mana pendapatan yang diharapkan diperoleh dari alternatif investasi yang akan diambil diharapkan harus lebih tinggi dari opportunity cost, karena opportunity cost merupakan pilihan yang tidak mengeluarkan usaha.


Bayangkan bila anda memiliki uang senilai 1 Miliar dan dihadapkan pada pilihan melakukan usaha dagang atau hanya mendepositokannya di bank. Pendapatan dari hasil deposito disebut opportunity cost yang harus diperhitungkan sebelum memilih menggunakan dana tersebut untuk berdagang. Karena berdagang memerlukan waktu, tenaga, dan konsentrasi serta beresiko.

Opportunity cost berupa bunga deposito sama sekali tidak memerlukan hal tersebut dengan resiko kecil. Oleh karena itu, pilihan untuk melakukan usaha dagang haruslah dengan perkiraan bahwa pendapatan yang diperoleh harus lebih besar ketimbang opportunity cost-nya. Dengan demikian, jenis biaya ini penting diketahui terutama dalam mempertimbangkan kesempatan berinvestasi.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Flag Counter
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Gudang Ilmu - All Rights Reserved




Template Created by Creating Website Edited by Fajar Fuzhu
Proudly powered by Blogger