Home » , » Mengenal Planet Venus

Mengenal Planet Venus

Written By Fajar Rahmana on Wednesday, April 03, 2013 | Wednesday, April 03, 2013


http://www.mediaindonesia.com/spaw/uploads/images/article/image/20080607_045657_otd3.jpg

Planet Venus merupakan planet nomer dua yang terdekat jaraknya dengan Matahari sesudah planet Merkurius. Jaraknya ke Matahari yaitu 108 juta km, ke planet Merkurius 50,1 juta km, sedangkan jaraknya ke planet Bumi sejauh 42 juta km.

Sama dengan Merkurius, planet Venus pun tidak memiliki satelit alam seperti Bulan yang dimiliki oleh Bumi, namun berbeda dengan Merkurius, di planet Venus terdapat Atmosfer.

Planet Venus memiliki radius 6.052 km dan berevolusi (mengelilingi matahari) selama 224,7 hari, lebih lambat dibandingkan planet Merkurius, dan lebih cepat dari planet Bumi. Masa rotasinya membutuhkan waktu 244 hari.

Arah rotasi Venus berlawanan dengan arah rotasi planet-planet lain. Selain itu, jangka waktu rotasinya lebih lama daripada jangka waktu revolusinya dalam mengelilingi matahari.


Sama dengan Merkurius, planet Venus jelas terlihat dari Bumi. Sering dinamai Bintang Timur atau Bintang Pagi, karena terlihat kemilaunya di timur pada saat matahari terbit. Atau di bagian barat pada waktu tenggelamnya matahari, Venus pun dikenal dengan Bintang Senja, Bintang Barat, atau Bintang Kejora.

Penyebab sangat mengkilapnya Venus, yaitu karena mempunyai selubung awan putih yang tebal. Awan tersebut memantulkan cahaya Matahari secara sempurna. Sebab itulah, Venus jauh lebih terang dari semua bintang di langit, kecuali Matahari.

Hal lain yang menyebabkan Venus tampak secerah itu, karena posisinya lebih dekat ke Bumi dibandingkan dengan planet yang lain. Tetapi, pada kedudukan titik terdekatnya dengan Bumi, Venus malah tak terlihat karena memiliki fase seperti Bulan.

Pada titik terdekat dengan Bumi, Matahari ada dibelakang Venus, oleh sebab itu muka Venus tampak gelap. Namun sebaliknya, ketika Venus menjauhi Bumi, semakin besar permukaannya yang tampak. Dan ketika Venus berada diseberang Matahari, seluruh permukaannya yang menghadap ke Bumi, disinari Matahari.

Struktur Dalam

http://1.bp.blogspot.com/_rlTOI_eC7dY/SOdP5eXiIhI/AAAAAAAACV4/7sefKA1B4Yo/s400/venus_cutbk.GIF

Venus seperti kembaran planet Bumi, karena diameter Venus sepanjang 12.140 km, lebih kecil sedikit 616 km dibandingkan dengan bumi yang berdiameter 12.756 km. Oleh karena diselubungi oleh awan yang sangat tebal, maka hanya sedikit yang diketahui mengenai permukaannya.

Bagian Luar

http://www.mps.mpg.de/images/projekte/venus-express/venus-express.jpg

Atmosfer Venus mengandung 97% karbondioksida (CO2) dan 3% nitrogen, sehingga hampir dapat dipastikan, tidak mungkin terdapat kehidupan disana. Kandungan atmosfernya yang pekat oleh CO2, menyebabkan suhu permukaan Venus sangat tinggi akibat efek rumah kaca, yaitu berkisar 480 - 500°C, sehingga air pun segan berada disana.

Atmosfer Venus sangat tebal dan selalu diselubungi oleh awan. Pakar astrobiologi berspekulasi, bahwa pada lapisan awan Venus, termobakteri tertentu masih dapat melangsungkan kehidupan disana.

Ciri-Ciri

http://www.ukspaceagency.bis.gov.uk/assets/channels/discovering_space/content_images/discover_venus.jpg

Ciri-ciri umum planet Venus adalah, sbb :

1. Nama Planet : Venus
2. Kala Rotasi : 244 Hari
3. Kala Revolusi : 224,7 Hari
4. Atmosfer : Karbon Dioksida (CO2) dan Nitrogen
5. Satelit Alam : Tidak Ada
6. Jarak Ke Matahari : 108 Juta Km
7. Diameter Planet : 12.140 Km
8. Warna Planet : Putih Kecoklat-Coklatan
9. Lambang Astronomis : http://www.solarnavigator.net/music/music_images/venus_symbol_female_women_girls.gif

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Flag Counter
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Gudang Ilmu - All Rights Reserved




Template Created by Creating Website Edited by Fajar Fuzhu
Proudly powered by Blogger