Home » , , » Berapa Kalori yang Dibakar dengan Tertawa ?

Berapa Kalori yang Dibakar dengan Tertawa ?

Written By Fajar Rahmana on Monday, April 15, 2013 | Monday, April 15, 2013



Jakarta, Segala sesuatu yang dilakukan seseorang sepanjang hari bisa membakar kalori, termasuk saat sedang tertawa. Tapi berapa kalori yang dibakar saat orang sedang tertawa?

Selama ini masyarakat sangat akrab dengan istilah tertawa adalah obat yang paling baik, salah satunya adalah untuk membakar kalori yang ada di dalam tubuh. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Vanderbilt University tertawa bisa membakar kalori dan juga memberikan manfaat kesehatan lainnya bagi orang yang melakukan.

Seperti dikutip dari Livestrong, Sabtu (20/11/2010) tertawa bisa meningkatkan detak jantung sebesar 10-20 persen. Saat detak jantung meningkat akan membuat metabolisme menjadi lebih cepat yang membuat kalori di dalam tubuh ikut terbakar setelah seseorang berhenti tertawa.

Studi Vanderbilt University menuturkan tertawa dapat meningkatkan pengeluaran energi dan sirkulasi udara. Jika seseorang tertawa selama 10-15 menit, maka ia akan membakar kalori sebanyak 10-40 kalori. Hal ini tergantung dari berat badan yang dimiliki dan juga tingkat aktivitasnya. Dalam setahun seseorang bisa turun 4 kilogram dengan cara cukup menikmati diri sendiri dan tertawa.

Studi yang dilakukan tahun 2005 ini dilakukan oleh 45 pasangan yang ditempatkan di dalam ruang metabolik. Setiap pasangan diharuskan melakukan sandiwara komedi selama 10 menit. Ketika tertawa didapatkan konsumsi oksigen yang meningkat sehingga bisa membakar kalori yang membuat berat badan menurun.

Berdasarkan sebuah studi terbaru juga menunjukkan bahwa tertawa bisa menular. Hal ini karena otak akan merespons suara tawa dan menghubungkan otot-otot wajah sebagai persiapan untuk bergabung dengan ekspresi kegembiraan tersebut.

Selain bisa membakar kalori, tertawa juga dapat meningkatkan kualitas kesehatan seseorang melalui beberapa cara, yaitu:

1. Loma Linda University menemukan bahwa tertawa dapat meningkatkan kadar immunoglobulin sebesar 14 persen yang berguna untuk memerangi penyakit.
2. Johns Hopkins Medical School menemukan melihat orang tertawa dapat meningkatkan kapasitas otak.
3. Studi dari UCLA menemukan tertawa dapat membantu manajemen rasa sakit.
4. University of Maryland menemukan korelasi antara tertawa dengan perbaikan sirkulasi.


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Flag Counter
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Gudang Ilmu - All Rights Reserved




Template Created by Creating Website Edited by Fajar Fuzhu
Proudly powered by Blogger