Home » , » Laut Sargasso Yang Misterius

Laut Sargasso Yang Misterius

Written By Fajar Rahmana on Thursday, April 04, 2013 | Thursday, April 04, 2013



Mungkin banyak diantara kita yang belum mengenal tentang laut yang satu ini. Laut yang dikenal dengan sebutan Segitiga Bermuda ini, banyak menyimpan misteri di dalamnya. Banyak desas-desus yang berkembang seputar keberadaannya.

Laut Sargasso adalah region di tengah Samudera Atlantik Utara. Dikelilingi oleh arus air laut, Arus Teluk Gulfstream di barat, Arus air laut Atlantik Utara di utara, Arus air laut Canary di timur, dan Arus air laut Khatulistiwa Utara di selatan.

Sebenarnya apa yang membuat warna air laut ini agak sedikit berbeda dengan laut pada umumnya dan mengapa sering sekali kapal-kapal besar dan pesawat hilang di daerah ini? Beberapa mitos yang tersebar di kalangan masyarakat tidaklah masuk akal. Kita membutuhkan penjelasan yang ilmiah atas kejadian-kejadian di Laut Sargasso ini.

Laut Sargasso merupakan salah satu laut dengan jumlah pegunungan yang banyak, serta terdapat banyak ngarai yang terjal dengan luas kurang lebih 1,5 juta mil persegi. Setiap kapal atau pesawat yang melitasi daerah ini biasanya mengalami kerusakan pada kompasnya, sehingga kompas terus berputar dan tidak dapat memberitahu arah yang jelas.

Hal ini terjadi, karena kuatnya medan magnet yang ada di Laut Sargasso. Arus di laut ini sangatlah kuat, sehingga mampu membentuk semacam pusaran air berbentuk oval yang bergerak perlahan, mengalir searah dengan jarum jam.

Air Laut Sargasso sangat biru dan hangat dengan kejernihan yang luar biasa. Di tempat ini hidup ganggang laut dalam jumlah yang sangat besar, mengambang di permukaan air dan juga mendominasi bahari Laut Sargasso.


Nama Laut Sargasso diambil dari nama ganggang sargasso yang hidup di laut. Banyak makhluk-makhluk laut unik dan aneh yang hidup di antara kumpulan ganggang sargasso ini, misalnya isopoda parasit dan sidat.

Di tempat ini pun terdapat makhluk-makhluk tertentu yang hanya hidup di Laut Sargasso, sehingga mereka pun dinamakan secara khusus, seperti kepiting sargasso, kuda laut sargasso, dan lain-lain.

Sesungguhnya Laut Sargasso merupakan laut yang sangat miskin jenis flora dan fauna baharinya, dengan jumlah populasi yang kecil, karena sangat jarang arus air yang membawa zat makanan, seperti plankton atau fitoplankton yang mengalir melalui daerah ini.

Ganggang sargasso merupakan satu-satunya yang mampu hidup dan tumbuh sampai 100 meter panjangnya di laut yang minim zat makanan. Di dalam ganggang ini terdapat sejumlah kantung udara yang dapat membuat ganggang ini mengambang di permukaan air laut. Dari dalam laut, ganggang ini terlihat seperti pepohonan yang rimbun.

Selain ganggang sargasso, sidat merupakan fauna Laut Sargasso yang sangat unik. Bentuk sidat ini mirip sejenis belut. Sidat berkembang biak dengan bertelur, kemudian setelah telurnya menetas, akan menjadi lava.

Lava yang dinamakan leptosefalus inilah yang akan menjadi sidat dewasa. Lava ini akan mengambang di antara ganggang dan terbawa arus ke berbagai sungai, hingga akhirnya tumbuh. Uniknya, sidat ini pada akhirnya akan selalu kembali ke Laut Sargasso dimana mereka dilahirkan, yaitu untuk kawin dan mati.


Misteri lain yang masih belum terungkap adalah misteri Makhluk Laut Sargasso, yang bukan semata-mata khayalan. Di Lautan Sargasso,banyak kapal yang tak pernah sampai ke tujuannya dan terkubur di dasar laut. Di sana terhimpun kapal-kapal dari berbagai jaman, harta karun, mayat tulang belulang manusia.

Luas Laut Misteri Sargasso ini 3650 km untuk panjang dan lebarnya 1825 km, dan di sekelilingnya mengalir arus yang kuat sekali, sehingga membentuk pusaran yang sangat luas yang berputar perlahan-lahan searah jarum jam. Didasar lautnya terdapat pegunungan yang banyak dan mempunyai tebing dan ngarai yang terjal.

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Flag Counter
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Gudang Ilmu - All Rights Reserved




Template Created by Creating Website Edited by Fajar Fuzhu
Proudly powered by Blogger