Home » , » Ikan Teri dan Ceker Ayam Sumber Utama Kalsium Selain Susu

Ikan Teri dan Ceker Ayam Sumber Utama Kalsium Selain Susu

Written By Fajar Rahmana on Monday, April 22, 2013 | Monday, April 22, 2013


Jakarta, Selama ini susu dikenal sebagai sumber kalsium yang baik untuk masyarakat. Tapi bagi orang yang tidak bisa mengonsumsi susu karena memiliki masalah pencernaan ada alternatif lain dengan mengonsumsi ikan teri dan ceker ayam.

Bagi orang yang memiliki intoleransi laktosa umumnya tidak bisa mengonsumsi susu, karena laktosa yang terdapat di dalam susu tidak bisa dicerna dengan baik oleh usus sehingga menimbulkan gangguan seperti diare.

"Untuk orang yang memiliki intoleransi susu, sumber kalsium bisa didapat dari ikan terutama yang tulangnya bisa dimakan. Dan ikan yang banyak mengandung kalsium adalah ikan teri," ujar dr Samuel Oentoro, MS, SpGK, ahli gizi klinik FKUI-RSCM dalam acara peluncuran Logo baru Frisian Flag dan Kampanye 'Raih Esokmu' di Ballroom Ritz Charlton, Jakarta, Jumat (10/12/2010).

dr Samuel menuturkan kalsium itu banyak terdapat di tulang, jadi ikan yang bisa dikonsumsi bersama dengan tulangnya mengandung kalsium yang tinggi seperti ikan teri biasanya dimakan bersama dengan tulang-tulangnya. Selain itu ceker ayam juga ada kalsiumnya.

"Tapi sebaiknya jangan konsumsi ikan teri yang sudah diawetkan (diasinkan) atau digoreng. Lebih baik ikan terinya dipepes atau disteam," ujar dokter yang berpraktek di di Semanggi Spesialist Clinic.

Kalsium selama ini diketahui bermanfaat untuk membangun dan menguatkan tulang. Tapi ternyata banyak manfaat dari kalsium bagi tubuh, karena mineral ini bisa membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko terkena diabetes dan menurunkan berat badan.

Hal ini karena kalsium bisa membantu mempercepat proses pembakaran lemak, tapi jika kalsiumnya berasal dari susu sebaiknya jangan memilih susu yang mengandung kadar lemak tinggi.

Selain itu asupan kalsium harus diperhatikan untuk menjaga agar jumlah kalsium dalam darah tetap dalam range normal sehingga tidak menganbil kalsium dari sumber lainnya.

Sumber:http://www.detikhealth.com/read/2010/12/10/151122/1521836/766/ikan-teri-dan-ceker-ayam-sumber-utama-kalsium-selain-susu?881104755
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Flag Counter
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Gudang Ilmu - All Rights Reserved




Template Created by Creating Website Edited by Fajar Fuzhu
Proudly powered by Blogger