Home » , » Tips Diet Sehat dan Aman

Tips Diet Sehat dan Aman

Written By Fajar Rahmana on Thursday, March 14, 2013 | Thursday, March 14, 2013


Cara Diet Sehat dan Aman

Bagaimana cara memilih menu diet sehat. Diet sehat bukanlah sekedar mengurangi porsi makan melainkan menggunakan menu diet sehat untuk mengontrol pola makan agar tidak berlebihan dan kekurangan. Kebanyakan orang melakukan diet dengan cara-cara yang ekstrim yaitu dengan mengurangi porsi makan secara drastis agar tidak gemuk atau obesitas. Namun, hal ini justru tidak akan membawa kebaikan bagi tubuh kita, bahkan akan membawa penyakit karena kita memaksakan tubuh kita untuk bekerja keras setiap hari dengan porsi makan yang sangat kurang. Pola makan yang seperti ini akan merusak tubuh dan akan menjadi lebih mudah untuk terserang penyakit. Karena itulah, anjuran untuk diet adalah dengan memperhatikan jenis makanan sehat yang akan disantap.

Manfaat Diet sehat

Bagi mereka yang melakukan diet hanya untuk melangsingkan badan, sehingga memperoleh penampilan prima. Namun dalam diet sehatmempunyai tujuan utamanya yaitu agar tubuh terhindar dari obesitas. Obesitas ini dilakukan dengan cara sehat sehingga berdampak baik bagi kesehatan.

Adapun usaha, harus secara perlahan sehingga badan tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Bila perlakukan cara diet tidak secara perlahan atau secara eksrim dapat berakibat buruk terhadap kesehatan. Dampak buruk ini terjadi karena makanan yang kita makan tidak seimbang dengan aktifitas yang dilakukan setiap hari. Selain itu, diet ekstrm ini akan mempengaruhi perubahan pola makan secara total. Sehingga diharapkan tidak dilaksanakan.

Adapun 10 cara untuk melakukan diet sehat, yaitu :

1) Pertama-tama kenali tubuh sendiri.
Berhentilah membandingkan dengan tubuh teman-teman Anda. Saat Anda mengenal cara kerja tubuh sendiri, maka akan lebih mudah untuk memenuhi apa yang dibutuhkannya.

2) Makan secara teratur dengan menu dan porsi yang cukup.
Seperti kata pepatah, "Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang."

3) Lebih banyak konsumsi buah dan sayur.
Orang langsing rata-rata makan lebih dari satu sajian buah dan makan lebih banyak serat dan kurang lemak dibanding orang gemuk. Itu hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American Dietetic Association tahun 2006.

4) Jangan lupakan Sarapan pagi
Mulailah hari dengan menu dan porsi sarapan yang cukup. Ini akan membantu mengurangi asupan kalori di sepanjang sisa hari.

5) Perbanyak Minum air putih.
Cukupi kebutuhan air putih anda minimal 2 liter per hari.

6) Berolahragalah.
Jadikan itu sebagai kegiatan yang tidak bisa dikompromikan lagi.Ber-aerobik dengan musik kesukaan bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Ajak keluarga untuk ikut bergerak. Awalnya mungkin agak aneh mendengarnya. Tapi begitu Anda mulai, bisa-bisa Anda lupa berhenti.

7) Bebas Gula
Cobalah 2 minggu tanpa gula. Rasanya luar biasa mengetahui napsu makan Anda yang biasanya tak bisa dipendam berangsur-angsur menghilang.

8) Jangan melakukan tindakan ekstrim.
Tindakan ekstrim maksudnya seperti sama sekali tak makan demi kurus dalam waktu cepat. Yang terbaik adalah makan dalam porsi sedikit, yang mencakup tiga nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan dua camilan tiap hari untuk metabolisme yang lebih efisien.

9) Gosok gigi segera
Setelah makan malam segera gosok gigi untuk mengingatkan diri Anda bahwa waktu makan sudah habis.

10) Jangan sekali-kali kompensasikan perasaan ke makanan.
Kebiasaan yang sangat tidak baik bila kita makan berlebih di saat-saat perasaan kita sedang buruk ataupun terlalu gembira. Pada umumnya orang yg terlalu terbawa emosi sesaat agak susah mengontrol pola makannya.

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Flag Counter
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Gudang Ilmu - All Rights Reserved




Template Created by Creating Website Edited by Fajar Fuzhu
Proudly powered by Blogger