Home » , » Beberapa Tips Untuk Cepat Mendapat Pekerjaan

Beberapa Tips Untuk Cepat Mendapat Pekerjaan

Written By Fajar Rahmana on Friday, November 06, 2015 | Friday, November 06, 2015


Semakin lama Anda menyandang status pengangguran, semakin sulit Anda menemukan pekerjaan lagi. Perlu strategi mengatur waktu, menemukan kembali kepercayaan diri, dan mempersiapkan diri akan penolakan yang akan Anda terima.

Apalagi banyak perusahaan yang ragu mempekerjakan orang yang menjadi pengangguran dalam waktu terlalu lama. Namun Anda bukan satu-satunya yang tidak memiliki pekerjaan dalam waktu lama.

Walau mungkin itu menjadi hambatan, seringkali human resources department (HRD) ada dalam posisi tidak menguntungkan dan merasa tidak perlu mengabari dulu. Anda harus berani. Status pengangguran dalam waktu lama bukan lagi masalah besar. Atasi rasa malu dan tidak bersemangat Anda, kemudian kembalilah ke jalan benar.

Pertanyaan sesungguhnya bagi mereka yang tidak bekerja selama setahun hingga dua tahun adalah: untuk apa mereka menggunakan waktu lama itu? Jika Anda menggunakannya untuk melakukan hal produktif seperti kursus atau kegiatan sukarelawan, Anda bisa menjadi kandidat.

oke berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan dan mudah-mudahan bisa membantu kamu mendapatkan pekerjaan dengan cepat :
  1. Kontak Perusahaan Dulu Bekerja. Jika kamu keluar dari perusahaan sebelumnya secara baik-baik rasanya tidak masalah jika kamu menghubungi salah seorang rekan di perusahaan tersebut dan mengutarakan niat untuk bisa bergabung kembali.
  2. Gunakan koneksi keluarga. Jika kamu biasanya malas menghadiri acara keluarga atau arisan kini rajin-rajinlah datang. Siapa tahu di perusahaan tempat sepupu atau saudara lain bekerja ada lowongan sedang dibuka namun tidak diumumkan kepada publik.
  3. Gunakan Relasi Komunitas. Aktif di kumunitas yang saat ini kamu geluti juga sangat berpengaruh karena kamu bisa bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang pekerjaan. Dari sini kamu bisa menciptakan jaringan kerja dan mendapatkan informasi bermanfaat.
  4. Temui Kakak Kelas atau Alumni yang Berlatar Belakang Pendidikan Sama. Siapa tahu dari sekedar reuni dan bincang-bincang kamu bisa mendapatkan informasi pekerjaan yang sesuai dengan skill kamu.
  5. Jangan Sungkan Bertemu Muka Dengan Pihak Pencari Kerja. Maksudnya di sini yaitu apabila kamu mendengar lowongan yang sedang dibuka pada perusahaan tempat seorang teman bekerja, jangan ragu meminta bantuannya untuk dipertemukan dengan pihak perusahaan tersebut untuk membuka jaringan kerja.
  6. Surat Kabar. Cobalah untuk berlangganan surat kabar dan supaya lebih menghemat pengeluaran berlanggananlah surat kabar khusus hari sabtu dan minggu karena pada kedua hari tersebut banyak memuat iklan lowongan kerja dibandingkan hari-hari biasa.
  7. Internet. Kamu bisa browsing di internet dan bergabung dengan situs-situs pencari kerja seperti jobloker.com
  8. Kampus. Sering-seringlah mampir ke kampus karena tidak jarang perusahaan-perusahaan menempelkan publikasi penerimaan pegawai di sana.
  9. Pilih Kesempatan Kerja yang Sesuai Keahlian. Dengan melakukan ini kemungkinan kamu dipanggil interview lebih besar. Pilih juga lowongan kerja terbaru yang membutuhkan tahap pemula atau fresh graduate. 
  10. Manfaatkan Social Media. Pastinya kamu punya akun Facebook kan? Nah kamu bisa update status sedang mencari pekerjaan supaya teman, saudara dan keluarga kamu yang lain bisa tahu kalau saat ini kamu butuh pekerjaan.
Sekian adalah sedikit tips supaya kamu bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan. Tapi jangan mentang-mentang dapat rekomendasi bekerja dari teman, saudara atau keluarga kamu jadi tidak profesional ya. Tetap tunjukkan kemampuan terbaikmu dan buat pihak perusahaan berpikir kalau mereka tidak rugi telah merekrut kamu.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Flag Counter
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Gudang Ilmu - All Rights Reserved




Template Created by Creating Website Edited by Fajar Fuzhu
Proudly powered by Blogger