Home » , » Inilah Penyebab Munculnya Rasa Curiga

Inilah Penyebab Munculnya Rasa Curiga

Written By Fajar Rahmana on Thursday, May 02, 2013 | Thursday, May 02, 2013


Apakah Anda sering mengalami perasaan curiga atau paranoid? Ini disebabkan kinerja otak yang mampu mendeteksi kebohongan. Bagaimana caranya?

Ilmuwan percaya ada sebuah sirkuit di otak manusia yang memungkinkan kita memprediksi seseorang apakah berbohong atau tidak. Manusia memiliki kemampuan untuk membayangkan apa yang orang lain pikirkan dan belajar dari kebiasaan lingkungan sosial mereka.

Ini menjadi semacam pertanda jika terjadi sesuatu yang janggal.Penemuan tersebut menjadi penjelasan mengenai alasan seseorang menjadi curiga dan paranoid.

Ilmuwan dari Oxford University, Inggris, memindai otak koresponden saat mereka memilih salah satu kotak untuk memenangkan sebuah hadiah. Mereka akan diberi saran namun saat mereka diberi informasi bohong, tingkat aktivitas dari dorsomedial prefrontal cortex (DPFC), area di depan otak, akan meningkat secara drastis.

Aktivitas itu menunjukkan betapa informasi bohong dapat menyebabkan reaksi pada otak sehingga mempengaruhi prediksi seseorang. Kegagalan pada sistem ini dapat menjelaskan mengapa seseorang yang mengalami schizophrenia lebih sering merasa paranoid.

Chris Frith dari University College London yang tidak memiliki kaitan dengan penelitian ini mengatakan bahwa orang yang mengidap schizophrenia seringkali menunjukkan kegagalan prediksi. Pada akhirnya, ini membuat mereka merasa tidak nyaman karena gagal deteksi sehingga mulai paranoid.

source: http://www.slowbos.com/showthread.php?p=108545#post108545
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Flag Counter
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Gudang Ilmu - All Rights Reserved




Template Created by Creating Website Edited by Fajar Fuzhu
Proudly powered by Blogger